VISI, MISI DAN TUJUAN

PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO

A. VISI

Menjadi Program Studi yang Berorientasi Pada Green Technology dan Berdaya Saing Nasional, Dijiwai Nilai-Nilai Khayra Ummah Pada Tahun 2029.

B. MISI

  1. Melaksanakan tridharma perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan bidang teknik elektro yang memiliki kemantapan aqidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan professional.
  2. Mengembangkan riset dalam bidang sains dan teknologi yang dapat dimanfaatkan bagi kepentingan bangsa dan kemanusiaan.
  3. Menjalin kerjasama dengan mitra-mitra lain pada tingkat nasional.

C. TUJUAN

  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten dan mampu bersaing secara nasional dalam bidang Teknik Elektro, serta memiliki nilai-nilai dalam kemantapan aqidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan professional.
  2. Menciptakan budaya riset, atmosfer akademik dan jiwa kewirausahaan di kalangan civitas akademika yang relevan dengan perkembangan pembangunan Indonesia dan kebutuhan masyarakat.
  3. Terjalinnya kerjasama yang strategis, sinergis, dan berkelanjutan dengan para mitra dalam rangka mendorong tumbuhnya keunggulan dan inovasi dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.

D. KONSENTRASI STUDI (SISTEM KONTROL)

Sementara ini prodi teknik elektro Unira Malang masih memiliki satu peminatan konsentrasi studi yakni konsentrasi Sistem Kontrol yang sesuai dengan standar ABET. Konsentrasi ini mempersiapkan mahasiswa agar mempunyai pengetahuan dan kemampuan merancang dan mengimplementasikan pengendali. Pengendalian diterapkan pada sistem dinamis agar mengikuti perintah atau perilaku tertentu sesuai dengan tujuan sistem tersebut. Input sistem kendali berasal dari perangkat instrumentasi yang memantau besaran yang harus dikendalikan, kemudian sistem kendali mengolah besaran tersebut menggunakan suatu algoritma sehingga mampu mengeluarkan output yang menjadikan plant/sistem bekerja sesuai dengan pengaturan yang diinginkan. Konsentrasi ini mempersiapkan mahasiswa agar siap memasuki dunia kerja industri yang mengimplementasikan sistem kendali seperti industri manufaktur, dan industri proses (automasi industri).

D. KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi lulusan Program Studi Teknik Elektro Unira Malang terbagi menjadi kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya.

  1. Kompetensi Utama

a. Memiliki pengetahuan yang kuat pada bidang ilmu yang menjadi dasar utama teknik elektro. (KKNI 2)

b. Memiliki kemampuan untuk merancang dan melakukan eksperimen, serta menganalisa data untuk menhasilkan informasi. (KKNI 1, 3)

c. Memiliki kemampuan desain sistem/komponen untuk mencapai performansi yang diiinginkan. (KKNI 1)

d. Memiliki kemampuan identifikasi masalah yang berkaitan dengan bidang teknik elektro, memformulasi dan menemukan solusinya. (KKNI 3)

e. Memiliki pengetahuan terhadap isu-isu kontenporer serta mampu beradaptasi terhadap perkembangan ilmu elektro dan teknologi. (KKNI 1)

f. Memiliki kemampuan menerapkan model kewirausahaan di bidang teknik elektro. (KKNI 1)

g. Mengerti dan berkomitmen pada tanggung jawab dan etik, serta memiliki kesadaran individu untuk mewujudkan nilai-nilai Islam ahlussunnah waljama’ah sebagai perwujudan Khairu Ummah. (KKNI 4)

  1. Kompetensi Pendukung

Selanjutnya lulusan Program Studi Teknik Elektro Unira Malang juga mempunyai kompetensi pendukung menurut bidang konsentrasinya yang mengacu pada standar FORTEI dan KKNI, sebagai berikut:

a. Mampu menerapkan konsep kontrol otomatis pada sistem kontinyu maupun diskret, termasuk pengukuran, kontrol umpan balik, control umpan maju. (KKNI 1)

b. Mampu mendesain dan mengimplementasikan sistem kontrol dengan perangkat analog maupun digital. (KKNI 1)

c. Dapat menerapkan konsep digital dan sistem mikroprosesor serta komponen pendukung pada sistem kontrol. (KKNI 1)

d. Memahami pemanfaatan PLC, DCS dan SCADA untuk kontrol sistem manufaktur dan proses. (KKNI 2)

e. Mampu menerapkan konsep pengukuran dan pemilihan sensor. (KKNI 2)

f. Dapat menerapkan konsep elektrik kimia, fisika, mekanika, mekanika fluida dan termodinamika pada desain kontrol proses. (KKNI 1, 2)

g. Mampu mengomunikasikan detail perancangan sistem kontrol menggunakan teknik dan standar terkini. (KKNI 3, 4)

h. Memiliki skill manajemen yang efektif dan modern untuk melakukan investigasi dan analisis pada implementasi sistem kontrol. (KKNI 3, 4)

i. Mampu mengikuti perkembangan teknologi dan implementasinya dibidang kontrol. (KKNI 2)

  1. Kompetensi Lainnya

Kompetensi lainnya adalah sebagai berikut:

a. Mampu memahami kontribusi teknik elektro dibidang mitigasi bencana. (KKNI 1, 2)

b. Mampu memahami kontribusi teknik elektro dibidang teknologi kesehatan. (KKNI 1, 2)

c. Memiliki wawasan pengelolaan energi yang berkelanjutan. (KKNI 2, 3)

d. Mempunyai wawasan teknologi terkini. (KKNI 2)

F. Profil Lulusan

Secara Umum, Program Studi Teknik Elektro Unira Malang berupaya untuk menghasilkan lulusan dengan karakteristik sebagai berikut:

  1. Memiliki integritas dan kedisiplinan yang tinggi, berkemauan keras, jujur, bertanggung jawab serta memiliki minat pada pengembangan ilmu-pengetahuan dan teknologi.
  2. Berorientasi pada dunia kerja dengan sumber daya manusia yang memiliki keahlian di bidang teknik elektro dan menguasai pengetahuan dan keterampilan kerja di bidang teknik elektro.
  3. Memiliki minat dan perhatian pada kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya bidang teknik elektro sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  4. Mempunyai jiwa wirausaha yang mampu menciptakan lapangan kerja serta mampu berkompetisi sebagai tenaga kerja pada bidang industri.
  5. Memiliki kemantapan aqidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlak yang di jiwai dalam setiap melaksanakan pekerjaan.

Beberapa contoh profil lulusan yang diharapkan akan dihasilkan oleh Program Studi Teknik Elektro Unira Malang, yaitu:

  1. Insinyur Elektro Profesional : Lulusan yang mampu bekerja untuk orang lain sebagai pegawai atau untuk diri sendiri dengan mengandalkan bidang keahlian teknik elektro yang dipelajarinya.
  2. Akademisi : Lulusan yang mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dalam bidang keahlian teknik elektro untuk meningkatkan kapasitas diri sebagai calon tenaga akademik.
  3. Peneliti dan Pengembang : Lulusan yang mampu bekerja dalam bidang Penelitian dan Pengembangan (R&D) baik di industri maupun di lembaga penelitian dan pengembangan.
  4. Pengusaha : Lulusan yang mampu mengembangkan berbagai jenis usaha, baik dalam bidang yang terkait dengan keahlian teknik elektro maupun selain itu, sehingga berkontribusi nyata pada perekonomian lokal, nasional maupun global serta perluasan lapangan pekerjaan.
  5. Inovator dan Inventor : Lulusan yang kreatif membangun gagasan dan mengembangkan produk teknologi baru dalam bidang teknik elektro yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Tentu saja profil lulusan yang diharapkan tidak hanya sebatas pada kelima contoh diatas, masih banyak profil-profil lulusan yang bisa diharapkan dihasilkan dari Program Studi Teknik Elektro Universitas Islam Raden Rahmat Malang.

G. CAPAIAN PEMBELAJARAN

Capaian Pembelajaran (CP) Program Studi S1 Teknik Elektro Unira Malang mengacu pada ketentuan dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI) yang tercantum dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang mencakup tiga unsur yaitu: Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan. Deskripsi CP yang mencakup unsur Sikap dan Keterampilan Umum menggunakan rumusan dalam SN-DIKTI (Kepmendiknas no. 49 tahun 2014). Matriks CP dari Program Studi S1 Teknik Elektro dapat dilihat sebagai berikut:

SIKAP S01 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukan sikap religius;
S02 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
S03 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
S04 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
S05 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S06 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S07 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S08 Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik;
S09 Menunjukan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri;
S10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
PENGETAHUAN P01 Menguasai konsep teoritis sains-rekayasa (engineering scienes), prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem kendali;
P02 menguasai konsep sains alam dan prinsip dalam mengaplikasikan matematika rekayasa;
P03 Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem kendali;
P04 Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum;
P05 Menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini di bidang sistem kendali;
KETERAMPILAN KHUSUS KK1 Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada sistem kendali;
KK2 Mampu menemukan sumber masalah rekayasa pada sistem kendali melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa;
KK3 Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa pada sistem kendali;
KK4 Mampu merumuskan solusi alternatif solusi untuk masalah rekayasa pada sistem kendali dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan (environmental consideration);
KK5 Mampu merancang sistem kendali dengan pendekatan analitiss dan mempertimbangkan standar teknik, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan;
KK6 Mampu memilih sumber daya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa pada sistem kendali;
KETERAMPILAN UMUM KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
KU2 Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
KU3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
KU4 Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam dalam perguruan tinggi;
KU5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dibidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
KU6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
KU7 Mampu bertangungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
KU8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
KU9 Mampu mendokumentasi, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;